Laman

Senin, 12 Oktober 2009

INFORMATION SISTEM MANAGEMENT (October 12, 2009)



Peranan SI
Mencegah terjadinya kelebihan investasi atau kekurangan investasi di bidang teknologi informasi.
Menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.
Meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama.
Memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitability perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan atau revenue maupun pengurangan biaya-biaya atau costs.

Peran Strategis SI
Meningkatkan efisiensi operasional
Memperkenalkan inovasi bisnis
Membangun sumber informasi strategis

Meningkatkan efisiensi operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi
Meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar.
Mengikat konsumen dan pemasok

Memperkenalkan inovasi bisnis
Memperkenalkan inovasi bisnis bisa dalam hal produk atau jasa.
Ex:
Penggunaan ATM
Sistem reservasi terkomputerisasi

Membangun sumber informasi strategis
Membangun sumber-sumber informasi yaitu:
Memperoleh hardware dan software.
Mengembangkan jaringan telekomunikasi.
Menyewa spesialis sistem informasi
Melatih end users.

Tujuan Strategi SI
Bagi perusahaan modern, memiliki strategi bisnis saja tidak cukup untuk menghadapi pesaing dewasa ini. Oleh karena itu harus dilengkapi strategi teknologi informasi atau IT strategy.
Tujuannya, untuk memanfaatkan secara optimum penggunaan teknologi informasi sebagai komponen utama sistem informasi perusahaan.

Langkah awal penyusunan IT strategy
Business Strategy
Bussines Trends
Competitor Analysis
IT Trends
Existing IT

Faktor-faktor Internal yang mempengaruhi IT Strategi
Struktur Organisasi
Proses & Prosedur
SDM dan Budaya Perusahaan
Sumber Daya dan Infrastruktur Perusahaan

Kunci Strategi SI
Mawas diri terhadap new enterprise risk structure, termasuk regulasi baru
Pengembangan strategi dengan fokus berkelanjutan terhadap penciptaan nilai dari suatu inovasi (value innovation)
Transformasi tata laksana internal dicocokkan dengan kebutuhan perubahan dari lingkungan eksternal dan internal
Buat strategi melalui proses yang berkelanjutan.

Strategi : dipisah, ditaklukkan, ditenangkan
Tentukan proses bisnis utama
Mendata sistem sistem utama secara terpusat
Menentukan sebuah pendekatan : pertumbuhan, desain besar, evolusioner
Pastikan kelebihannya
Taktik implementasi
Penyelesaian akhir : manajemen solusi

THANKS FOR YOUR ATTENTION

Tidak ada komentar:

Posting Komentar