Laman

Kamis, 17 April 2014

Yaa Laila

Salah satu bacaan sholat ayat al-Qur'an yang aku sukai aku bacakan ketika menjadi imam adalah surat An-naba' karena ada salah satu ayat yang berbunyi : "Wajjalna laila libaasaa" dan kami jadikan malam sebagai pakaianmu. Disana terdapat kata laila (malam). Apa itu  laila? mengapa  laila terasa begitu istimewa?


Laila dalam bahasa arab mempunyai beberapa makna. secara literal berarti malam, lawan dari siang (nahar). ada makna alegoris seperti gelap atau kegelapan, kesunyian, kesepian, keheningan, kesyahduan, kerinduan dan kedamaian. ada makna anagogis (spritual) sseperti kekhusyukan (khusyu'), kepasrahan (tawakkal), kedekatan (taqarrub) kepada Ilahi.

Dalam syair-syair klasik arab, ungkapan laila lebih banyak digunakan makna alegoris (majaz) ketimbang makna literalnya, seperti ungkapan syair seorang pengantin baru. Ya laila thul, ya shubh qif (wahai malam bertambah panjanglah dan wahai subuh berhentilah. Kata laila dalam bait tersebut berarti kesyahduan, keindahan, kenikmatan, dan kehangatan sebagaimana dirasakan oleh pengantin baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar